Monday 31 October 2011

Proposal Usaha Toko Kado

Apa yang dipikirkan orang ketika hari ulang tahun, perpisahan teman, atau hari-hari special lainnya. Jawabannya tentu adalah hadiah. Untuk jauh-jauh hari atau dekat sekalipun, sebagian orang mengalami kesulitan untuk memikirkan apa hadiah yang pantas untuk diberikan kepada orang-orang yang dicintainya. Untuk itulah, peluang  usaha ini harus benar-benar Anda manfaatkan sebab selain alasan diatas, usaha semacam ini masih jarang ada, namun selera pasarnya cukup signifikan.
Konsumen
Konsumen target bisnis Anda semua orang dari segala kalangan, mulai anak-anak sampai orang dewasa. Semua membutuhkan kado atau bingkisan untuk orang – orang terdekatnya yang berulang tahun, maupun memperingati kebahagian lainnya. Kebutuhan masyarakat akan kado saat ini semakin bertambah, oleh karena itu target pasar bisnis ini juga semakin luas.
Info bisnis
Untuk memulai membuka toko kado sebagai bisnis yang spesifik ini, Anda hanya perlu mencari tempat yang strategis serta merenovasi interior ruangannya. Usakan untuk memilih tempat yang ramai dilalui orang, atau bisa juga menyewa tempat di pusat keramaian seperti mall atau supermarket.
Kemudian Anda harus mencari produk yang sesuai yang akan dijadikan sebagai hadiah. Sebaiknya jangan sediakan hadiah untuk umur dan jenis kelamin tertentu saja, sebaiknya pilih hadiah yang dapat dipakai semuanya.  Anda bisa memproduksi sendiri atau mencari relasi yang dapat mensuplai persediaan produk.
Selain itu sediakan keperluan untuk membungkus kado, dari mulai kertas kadonya, kartu ucapan atau pita penghias kado. Sehingga ada tambahan pendapatan yang Ada peroleh.
Kelebihan bisnis
Belum terlalu banyak pelaku bisnis yang menjalankan bisnis toko kado. Jika pun di kota Anda ada toko kado, belum tentu pada satu tempat ada dua usaha toko kado. Sehingga persaingannya belum terlalu ketat, dan peluangnya masih sangat luas. Karena selalu ada inovasi unik dari toko kado, menjadi daya tarik bagi para konsumen.
Kekurangan bisnis
Adapun kendala dalam menjalankan bisnis ini hanya berhubungan dengan pengetahuan Anda tentang barang dan selera pasar saja. Sedangkan kesuksesan bisnis ini terletak pada kelengkapan produk dan kualitas yang Anda jual seperti produk-produk kerajinan,aksesories wanitamainan anak, . Selain itu pelayanan yang memuaskan juga termasuk faktor keberhasilan usaha ini.
Pemasaran
Pasang papan nama toko kado Anda di depan lokasi usaha, sehingga konsumen mengetahui keberadaan toko tersebut. Kemudian Anda juga bisa memasarkannya melalui internet, dengan membuka toko online. Sehingga konsumen dari luar daerah, tetap bisa memesan produk toko kado Anda melalui internet. Sebagai promosi, Anda juga bisa memberikan potongan harga atau diskon untuk pembelian tertentu.
Kunci sukses
Kualitas dan kelengkapan produk yang dimiliki toko kado, menjadi sesuatu yang mutlak dalam bisnis ini. Agar konsumen tidak kecewa jika produk yang mereka cari tidak ada di toko kado Anda. Untuk meningkatkan loyalitas konsumen, Anda tawarkan kepada para pelanggan untuk memesan produk yang mereka cari. Konsumen akan merasa senang jika Anda mencarikan produk yang mereka cari. Tawarkan pula layanan jasa bungkus kado gratis, bagi konsumen yang membeli produk di toko Anda. Sehingga konsumen senang membeli hadiah di toko Anda, dan tak segan pula untuk kembali mengunjungi toko kado Anda.
Analisa Ekonomi
Modal Awal
Sewa tempat dan renovasi                        Rp 25.000.000
Penyediaan produk dan lain-lain                Rp 25.000.000+
Total                                           Rp 50.000.000

Biaya Operasional
Gaji 2 orang pegawai                            Rp  1.600.000
Penyediaan produk                               Rp 15.000.000
Listrik, telepon dan lain-lain                 Rp    400.000+
Total                                           Rp 17.000.000

Omzet per bulan                                 Rp 25.000.000

Laba per bulan
Rp 25.000.000 - Rp 17.000.000         =         Rp  8.000.000

Masa kembali modal
( modal awal : laba bersih satu bulan         =  ± 7 bulan
Source :  bisnisukm.com
Artikel Usaha Terkait :
Proposal Usaha Warnet
Proposal Usaha Karaoke Keluarga
Proposal Usaha Jasa Rental Komputer

1 comment: