Kamis, 27 Oktober 2011

Proposal Usaha Toko Buku Bekas


Tingginya kebutuhan buku di kalangan masyarakat,  ternyata tidak hanya menguntungkan para pemilik toko buku – buku baru saja. Para pemilik toko buku bekas atau buku second juga memperoleh angin segar dari besarnya minat baca masyarakat. Hal ini dikarenakan tidak semua buku dicetak dalam jumlah yang banyak, sehingga banyak masyarakat yang mencari buku tertentu walaupun kondisinya bekas.
Bisnis toko buku bekas ini memiliki prospek yang cukup bagus, karena semakin langka buku bekas yang dijual. Maka semakin tinggi pula harga jual buku bekas tersebut, bahkan harganya pun bisa melebihi harga buku baru saat ini. Bukan itu saja keuntungan dari bisnis buku bekas, buku – buku yang tidak langka pun juga banyak diburu para konsumen yang mencari buku dengan harga murah. Oleh sebab itu kita tidak perlu khawatir lagi dengan sebagian kecil masyarakat yang memberikan pandangan negatif untuk buku bekas, karena masih banyak masyarakat yang memburu buku bekas.
Membuka toko buku bekas selain memberikan omset yang cukup besar, juga memberikan manfaat tersendir bagi para pelaku usahanya. Secara tidak langsung, para pelaku usaha buku akan memperoleh tambahan pengetahuan dari buku – buku yang dijualnya. Jika Anda berminat dengan bisnis buku bekas, berikut kami berikan tips yang dapat Anda coba untuk membuka sebuah toko buku bekas.
1.      Siapkan modal Anda terlebih dahulu, karena modal usaha mempengaruhi konsep toko buku bekas yang akan Anda buat. Jika modal Anda terbatas, toko buku bekas bisa dibuka dengan memanfaatkan kios di pinggir jalan yang biasa disewakan dengan harga yang relatif lebih murah. Ruangan ukuran 5 x 5 meter, sudah cukup untuk membuka bisnis ini.
2.      Kemudian tentukan buku apa saja yang akan Anda pasarkan. Misalnya menjual buku – buku sastra saja, buku pelajaran saja, buku hiburan seperti komik dan novel, atau membuku toko buku bekas dengan berbagai macam kategori buku. Untuk menentukan target pasar, Anda dapat memilih satu kategori buku saja yang dipasarkan sehingga pasar Anda lebih spesifik. Namun jika ingin memperluas target pasar, dapat membuka toko buku bekas dengan semua kategori. Sehingga para konsumen mengetahui kategori buku bekas yang ditawrakan toko Anda, dan tidak salah mengunjungi toko buku Anda.
3.      Untuk mencari toko buku bekas, Anda tidak bisa mencari stok buku dari para penerbit seperti pelaku bisnis buku baru. Untuk itu Anda harus mencari langsung buku bekas dari beberapa pasar buku loak yang ada di beberapa kota besar. Seperti di kawasan Titi Gantung, Kawasan buku bekas Merdeka di Medan, pasar buku bekas Shopping center di Yogyakarta, pasar Johar di Semarang, serta kawasan Kwitang Senen di Jakarta Pusat.
4.      Jika sudah dapat lokasi dan stok buku bekasnya, langkah selanjutnya adalah tentukan strategi promosi yang tepat untuk memasarkan buku Anda. Agar toko buku bekas Anda keberadaannya diketahui para konsumen, pasang spanduk besar di depan lokasi usaha. Sehingga masyarakat yang melalui jalan tersebut, tertarik untuk mampir membeli. Selain itu Anda juga bisa memberikan potongan harga bagi para konsumen, karena kebanyakan konsumen mencari buku bekas karena mempertimbangkan harganya yang biasanya lebih murah dibanding buku baru.
5.      Lengkapi koleksi buku bekas yang Anda tawarkan, buku bekas yang banyak dicari konsumen biasanya komik, novel, buku sastra lama, majalah – majalah dari luar negeri, serta buku – buku  pelajaran. Usahakan pula mencari buku – buku bekas yang langka, tapi banyak dicari konsumen. Karena semakin langka sebuah buku, akan semakin mahal harga jualnya.
6.      Yang terpenting bagi pelaku bisnis toko buku bekas adalah minat baca yang harus tertanam dalam dirinya. Karena dengan kecintaannya dengan buku, akan menambah pengetahuan Anda mengenai buku serta memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis ini.
Mengambil untung dari toko buku bekas, akan tetap menjadi prospek cerah bagi para pelaku usahanya. Karena semakin mahal harga buku baru, maka peluang bisnis buku bekas pun menjadi alternatif pilihan bagi para konsumen yang membutuhkan buku dengan harga murah. Dengan mempertahankan harga murah, bisnis buku bekas akan selalu dicari para konsumen. Semoga dapat bermanfaat dan salam sukses.

Artikel Terkait :

Proposal Usaha Sewa Buku

Proposal Usaha Rental PS

Proposal Usaha Sate Ayam Gerobak

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar