Jumat, 28 Oktober 2011

Proposal Usaha Reparasi Komputer dan Laptop


Sekarang ini kebanyakan orang memiliki komputeratau laptop. Sebagian dari pemilik itu adalah pelajar,mahasiswa, dan pekerja kantor. Peluang ini bisa Anda wujudkan sebagai peluang bisnis. Yang Anda butuhkan dalam usaha ini adalah keahlian dan kemampuan.
Konsumen
Konsumen utama Anda adalah para pemilik dan pengguna komputer dan laptop. Karena tidak semua pemilik pemilik komputer dan laptop, bisa memperbaiki kerusakan komputer ataupun laptop mereka.
Info bisnis
Untuk memulai usaha ini Anda cukup menyediakan tempat yang strategis dan ruangan yang cukup. Tidak perlu terlalu luas, cukup 4 x 5 meter sudah cukup untuk memulai peluang bisnis ini.
Kemudian tempatkan rak, lemari display kaca yang cukup besar dan tinggi, meja dan kursi, serta peralatan pendukung reparasi lainnya. Selanjutnya Anda menyiapkan minimal satu computer dengan spesifikasi tinggi yang digunakan untuk mencoba CPU atau computer  yang sudah jadi.
Untuk menambah display, Anda bisa menyediakan berbagai macam keperluan aksesoris komputer ataupun  laptop seperti keyboard, mouse, speaker, monitor dan lain-lain. Sedangkan untuk tarif service komputer dan laptop adalah bervariasi, tergantung pada tingkat kesulitannya.
Kelebihan bisnis
Kurangnya pengetahuan dan keahlian para pemilik komputer dan laptop, menjadi lahan bisnis bagi penyedia jasa reparasi komputer dan laptop. Sebab semakin banyak konsumen yang tidak bisa memperbaiki sendiri komputer dan laptopnya, semakin besar pula permintaan pasar untuk menggunakan jasa reparasinya. Disamping itu sekarang jumlah pemakai computer dan computer semakin meningkat, sehingga peluang pasar bisnis reparasi juga semakin luas.
Kekurangan bisnis
Kendala bisnis komputer ini yaitu membutuhkan keahlian khusus untuk memperbaiki komputer dan laptop yang rusak. Jadi untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan, sebaiknya pilih karyawan dengan seleksi yang cukup ketat. Selain itu persaingan bisnis di bidang ini juga terbilang cukup tinggi, oleh karena itu usahakan untuk menjaga kualitas pelayanan agar tercipta loyalitas pelanggan.
Pemasaran
Untuk membantu pemasaran bisnis reparasi komputer dan laptopini, bisa menggunakan brosur kecil – kecil yang dibagikan kepada masyarakat sekitar lokasi usaha, atau bisa juga dengan membagikannya di sekitar sekolah maupun kampus yang ada di kota Anda. Selanjutnya Anda dapat menjalin kerjasama dengan toko yang menjual komputer atau laptop, untuk memberikan pelayanan jasa servis  bagi barang dagangan mereka yang mengalami kerusakan.
Disamping itu Anda juga bisa memasarkan bisnis reparasi computer dan laptop yang Anda jalankan, dengan memasang iklan di media massa. Sehingga masyarakat umum mengetahui bisnis jasa reparasi tersebut. Semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan bisnis Anda, semakin besar pula peluang pasar yang dapat Anda raih.
Kunci sukses
Keberhasilan usaha ini terletak pada kualitas dan harga. Jika usaha Anda sudah berkembang, ada baiknya Anda juga menjual berbagai kebutuhan komputer dan laptop beserta aksesorisnya.
Analisa Ekonomi

Modal Awal
Sewa tempat                             Rp. 10.000.000
Peralatan dan stok barang               Rp. 10.000.000
Total                                   Rp. 20.000.000

Biaya Operasional
Gaji 2 pegawai                          Rp.  1.600.000
Listrik dan telepon                     Rp.    300.000
Stok barang                             Rp.  8.100.000
Total                                   Rp. 10.000.000

Omzet per bulan                         Rp. 15.000.000

Laba perbulan                           Rp.  5.000.000

Masa kembali modal                      4 bulan
Source :  bisnisukm.com
Proposal Usaha Terkait :
Proposal Usaha Toko Elektronik
Proposal Usaha Kos-kosan
Proposal Usaha Jasa Rental Komputer

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar