Senin, 31 Oktober 2011

Proposal Usaha Penitipan Sepeda atau Sepeda Motor


Saat ini jumlah sepeda motor khususnya di kota-kota besar setiap harinya bertambah semakin banyak, bisa dibilang lebih banyak kendarannya dari pada luas jalan yang disediakan. Ini bisa menjadi masalah bagi Dinas terkait sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk bisa mengendalikan jumlah kendaraan agar seimbang dengan luas jalan yang digunakan.
Tapi ini tidak bagi anda yang pandai melihat hal ini sebagai peluang usaha. Jika anda mempunyai lahan yang cukup disekitar tempat-tempat keramaian misalnya pasar, stasiun, pusat-pusat perbelanjaan, terminal dan tempat-tempat keramaian lainnya, ini akan menjadi peluang besar bagi anda. Yah, anda bisa mengelolah lahan anda sebagai lahan penitipan sepeda motor.
Jika ditempat keramaian bisa dibayangkan berapa banyak orang yang datang ditempat keramaian itu yang hampir semuanya banyak yang membawa kendaraan terutama sepeda dan sepeda motor, misalnya saja di pasar. Dengan banyaknya kendaraan yang dibawa bisa di bayangkan butuh berapa banyak lahan untuk memarkirkannya. Sehingga tak jarang badan jalan juga digunakan untuk parkir hingga semakin memperparah kemacetan.
Berbisnis lahan parkir memang cukup menguntungkan, hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang datang pada tempat keramaian-keramaian itu. Misalnya dalam sehari jika ongkos parkir per-motor adalah Rp.1000,- dan rata-rata penitipan sepeda 300/hari, maka penghasilan kotor perhari adalah Rp 300.000,- atau lebih. Belum lagi untuk sepeda motor yang menginap di tempat penitipan dengan perhitungan perharinya Rp 2.000/sepeda motor. Disamping itu pemilik juga bisa mendapat penghasilan tambahan dari dagangan yang disediakan seperti bensin atau olie.
Paling tidak peluang bisnis ini cukup mudah, dengan tidak mempunyai keahlian khusus anda bisa melaksanakannya. Selain itu dalam berbisnis jasa penitipan ini tidak banyak membutuhkan pengeluaran ekstra karena dalam bisnis jasa ini nyaris tidak membutuhkan bahan baku untuk memulainya. Yang diperlukan adalah mengantongi ijin usaha dari Dinas Pasar dan Dishub setempat dan menjamin keamanan penitip dengan sistem kartu bernomor untuk dapat menjalankan bisnis ini.
Selain itu adalah merekrut karyawan penjaga yang jujur sehingga bisa dipercaya untuk membantu anda dalam berbisnis ini. Anda bisa merekrutnya dengan mengandalkan keluarga. Jadi jika anda berminat, tak usah ambil pusing untuk memulai bisnis yang cukup prospektif ini.
Source :  amoebasterix.multiply.com


Artikel Terkait :

1 komentar:

  1. usaha ini cocok dilakukan di dekat stasiun kereta atau terminal, agar orang yang melanjutkan perjalanan bisa menitipkan motor mereka

    BalasHapus