Saturday 22 October 2011

Proposal Usaha Sewa Buku


LATAR BELAKANG
Membaca adalah jendela dunia. Demikian kata orang bijak untuk memotivasi semua orang agar lebih mencintai buku dan gemar membaca. Kesadaran inilah yang membuat minat membaca masyarakat semakin besar. Sayang, masih banyak orang yang tidak bisa membeli buku bacaan karena tingginya harga buku. Masyarakat yang tidak memungkinkan untuk membeli buku akan lebih memilih untuk menyewa saja.


NAMA USAHA
Merupakan perpaduan konsep baru dengn potensi usaha pada keinginan untuk kegiatan baca buku, hotspot area, dan cafĂ©. Dengan nama Rumah Baca “...........”.

LOKASI USAHA
Dengan persyaratan dinilai cukup strategis seperti : Merupakan daerah pemukiman yang padat, berdekatan dengan Sekolah atau universitas, terdapat beberapa titik usaha strategis yang tidak sejenis sepertiSupermarket, Apotik, Salon, Bengkel, dll.

KONSUMEN
Diharapkan “.........” dapat menarik minat dari berbagai kalangan diantaranya : Pelajar & mahasiswa pecinta buku, komik, majalah kemudian masyarakat pemilik laptop yang ingin internet dengan harga murah serta masyarakat umum.

INVESTASI AWAL
  1. Sewa Tempat selama 1 (satu) tahun : (tergantung lokasi)

  2. Membeli Komik, Novel, Buku, Majalah, dll : Rp. 13.000.000

  3. Meja Sirkulasi, Rak Buku, Meja Baca, Kursi Baca, : Rp.3.000.000

  4. Installasi Hotspot/Internet : Rp. 1.000.000

  5. Tempat rak & Makanan serta Minuman : Rp. 1.000.000
Rencana Biaya Operasional per bulan
  1. Langganan Koran, beli buku, komik, majalah : Rp. 400.000

  2. Gaji Pegawai @ Rp.700.000 : Rp. 700.000

  3. Biaya langganan hotspot : Rp. 300.000

  4. Listrik : Rp. 150.000
PENDAPATAN YANG DIHARAPKAN
Dengan setting usaha sedemikian rupa, agar sangat nyaman,menyenangkan, relatif murah dan kemungkinan belum ada ditempat lain, diharapkan memberikan hasil yang sangat maksimal. Berikut ini penghasilan yang diharapan akan didapat dari berbagai strategi kami yaitu antara lain :
  1. Baca sepuasnya : Rp. 1.000 (promo)

  2. Internetan sepuasnya : Rp. 2.000 (promo)

  3. Langganan Bulanan baca sepuasnya : Rp. 25.000 (promo)

  4. Langganan Bulanan Internetan sepuasnya : Rp. 37.000 (promo)

  5. Penyewaan komik/buku di bawa pulang

  6. Pendapatan dari makanan dan minuman
Dan strategi-strategi lainnya yang dapat meningkatkan pendapatanMudah-mudahan dengan strategi diatas mudah-mudahan kurang dari 12 bulan telah mencapai BEP (Break Event Point).
PENUTUP
Mudah-mudahan dengan pembukaan usaha ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan semoga menjadi peluang usaha yang baik juga dapat memberi keuntungan dunia dan akhirat karena dapat mencerdaskan orang lain, dengan catatan buku-buku yang ada adalah buku yang bermanfaat positif.

Terima kasih telah berkenan membaca proposal ini.

No comments:

Post a Comment