Sabtu, 12 November 2011

Proposal Usaha Pendirian AHASS Motor


Syarat Pengajuan Jadi AHASS




Ada beberapa bengkel Resmi Sepeda motor di Indonesia, mulai dari
  • Honda dengan AHASS ( Astra Honda Authorized Service Station )
  • Yamaha dengan YSS ( Yamaha Service Shop )
  • de el el
Bagaimanakah caranya menjadi bengkel resmi en seberapa menguntungkan kah dibandingkan bengkel umum?
Bengkel resmi yang paling populer dan sangat tersebar di seluruh Indonesia jelas saja Bengkel Resminya Honda yaitu AHASS. Nah gimana caranya menjadi AHASS?
Setiap daerah di indonesia, semua pengajuan menjadi AHASS bisa langsung diajukan ke Main Dealer masing-masing daerah.
Di Jakarta ada Wahana Makmur Sentosa, Jawa Barat ada Daya Adira Mustika, Jawa Tengah ada HSO dan Jawa Timur ada MPM Motor.
Sebagai informasi Jaringan Honda ada 3 jenis yaitu :
H1 : Dealer ( Penjualan ), jadi jaringan dengan status H1 berhak menjual sepeda motor Honda Produksi Astra Honda Motor ( AHM )
H2 : AHASS ( Bengkel ), untuk jaringan dengan status H2, berhak menerima Kartu Perawatan Berkala (KPB) dari sepeda motor Honda yang baru serta menerima service dari sepeda motor Honda lama
H3: Spare Part, jaringan ini berhak menjual spare part Honda  Genuine Part (HGP)
Semua toko/usaha dengan status diatas berhak menerima fasilitas-fasilitas khusus dari PT. Astra Honda Motor (AHM) dan Main Dealer.
Status usaha dapat dirangkap seperti : H123, H12, H1, H23, H2 dan H3. Tergantung ijin dari Main Dealer dan kemampuan anda
Nah yang perlu anda siapkan proposal pengajuan menjadi AHASS yang berisi  : 
  • Surat Permohonan jadi AHASS
Yaaa tentu saja anda harus menulis surat permohonan jadi AHASS supaya Main Dealer tahu, anda kesitu mau apa. Kalo tidak ntar dikira minta sumbangan, sudah syukur tidak diusir Satpam. Redaksinya? Bebas , sebenarnya ada format dasarnya tapi tidak terlalu prinsip. Yang jelas tulis nama, alamat, pekerjaan anda, trus tulis permohonan jadi AHASS dengan lokasi dimana, alamatnya en ukuran luasnya.
  • Foto Bangunan calon Bengkel
Perlu anda ketahui, peminat AHASS sangat banyak jadi kalo anda hanya mempunyai keinginan jadi AHASS tanpa punya tempat spesifik, maka Main Dealer gak segan-segan nolak. Jadi anda harus punya tempat yang fix dulu,  lebih bagus sih milik sendiri ato minimal sudah dikontrak. Kalo tempatnya gak sesuai dengan mapping dari main dealer? ya siap-siaplah kecewa karena MD dengan tanpa ragu-ragu akan menolak pengajuan anda.
Nah sebelum anda berspekulasi dengan membeli atau mengkontrak bangunan, survey dulu lokasinya ( lihat artikel Panduan Lengkap Mendirikan Bengkel ) dan pastikan tidak ada AHASS lain yang ada disitu. Minimal Radius 10 km deh biar lebih aman dan lebih bagus lagi kalo deket pusat-pusat keramaian ( Pasar, sekolah, perumahan de el el ).
Kalo udah ok, Foto tampak depan Bangunan anda dan foto pula lingkungan di sekitar bangunan. Oh ya Main dealer akan lebih senang bila Bangunan anda mempunyai luas yang ideal… ya kira-kira 8 m x 10 m. koq? nanti kita jelaskan kenapa…
  • Lay out Bangunan Bengkel
Tenang…. anda tidak disuruh menggambar denah bengkel yang ribet, Main Dealer cuma pengen tau berapa panjang x lebar bangunan anda. Karena dengan tau panjang – lebarnya maka Main Dealer bisa menentukan bangunan ini layak apa tidak jadi AHASS. Juga pengen tau bangunan ini dr tembok pa kerdus…. bercanda bos..
  • Denah sekitar Bengkel
Nah disini anda diminta menggambar denah sekitar bangunan anda. Yaa semacam peta lah, nah tipsnya gambarkan potensi-potensi daerah tsb. Misal gambar pasar, sekolah ato perumahan harus anda tulis jelas disitu. Kalo perlu anda kasih data populasi spd motor Honda disitu, ya sederhana aja. Anda gak perlu jadi petugas sensus….
  • Fotocopy KTP dan KSK
Persyaratan standar,  agar jelas anda itu penduduk yang jelas dan bukan imigran gelap dan jangan lupa lampiri foto. Biar Main dealer hafal dengan wajah anda, kan yg ndaftar ribuan? (maksa yaa )
- Bisnis Bengkel AHASS
Siapapun tahu, pasar motor Indonesia saat ini masih dikuasai oleh Honda. Tingginya angka penjualan motor Honda, karena didukung oleh banyaknya bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang tersebar diseluruh Indonesia. Potensi bisnis bengkel AHASS ini tentu saja tampak menggiurkan, mengingat pengguna motor Honda dari tahun ketahun semakin bertambah. Bagaimanakah cara untuk membuka bengkel AHASS?
Jangan salah sangka, kalau membuka bengkel AHASS itu kelihatannya biayanya mahal dan prosedurnya sulit. Ternyata menurut, AAN Pranacitra, AHASS Development Manager PT Wahana Makmur Sejati (PT WMS), hanya dengan uang Rp 50 juta pun bisa membuka bengkel AHASS. Tentu saja hitungan angka itu di luar perhitungan tempat atau gedung. Dengan investasi awal Rp 50 juta, untuk bengkel pemula setidaknya membutuhkan 2 tenaga mekanik dan 1 tenaga untuk front desk (pendaftaran). Untuk memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan seluruh jaringan AHASS memiliki standar fasilitas fisik yang sama yaitu front desk, bike lift, piping system, exhaust system dan oil drain. Peralatan yang didapatkan melalui pemesanan ke PT Astra Honda Motor (AHM) seperti bike lift dan peralatan lain yang diluar tidak tersedia. 
Untuk memesan 2 set back lift dibutuhkan biaya sekitar Rp 15 juta, kemudian compressor, mesin gerinda, dan alat pendukung lainnya sekitar Rp 10 juta. Sisa Rp 25 juta bisa digunakan untuk pembelian peralatan administrasi dan spare parts yang fast moving semacam kanvas rem, busi, oli, dan suku cadang lainnya sesuai kebutuhan. Dengan demikian, jika telah memiliki lokasi yang strategis lolos mapping dan gedung minimal berukuran 5 x 13 meter persegi kapasitas 3 pit, dengan anggaran Rp 50 juta bisa membuka bengkel AHASS. Pasalnya, untuk membuka bengkel AHASS tidak dipungut biaya apapun. Bahkan pihak PT AHM melalui main dealer akan memberikan desain interior, eksterior, training bagi mekanik secara gratis serta jaminan keaslian suku cadang Honda (Honda Genuine Parts). 
“Kalau modal diluar tempat, paling tidak Rp 50 juta sudah cukup untuk bisa buka bengkel AHASS. Itu adalah minimalnya, maksimalnya tidak terbatas. Namun orang sering salah kaprah, menganggap kalau desain interior dan eksterior yang megah itu biayanya mahal. Padahal desain interior dan eksterior itu adalah free dari Astra melalui main dealernya. Termasuk, pajak eksterior tahun pertama,” ungkap AAN Pranacitra. 
BEP Biaya Operasional 5 Bulan
Sementara itu, Indrajaya, pemilik bengkel AHASS Robinson Motor mengaku bengkel miliknya telah mampu Break Event Point (BEP) untuk biaya operasional dalam waktu 5 bulan sejak bengkel dibuka. Indra menyatakan, pertama kali dibuka sejak Desember 1995 silam, bengkel miliknya relatif sepi pelanggan, rata-rata 4-5 motor per hari. Padahal saat itu ia telah mempekerjakan 4 mekanik dan 1 orang front desk. Modal awalnya sekitar Rp 200 juta untuk membangun gedung seluas 10x20 meter dan segala peralatan bengkel. Saat itu, ia telah menyediakan 4 bike lift, kompresor dan kunci-kunci. 
BEP untuk semua modal dan tanah, baru mampu ia capai dalam waktu sekitar 4 tahun kemudian. Saat ini, AHASS Robinson Motor telah mempekerjakan 13 orang mekanik, 3 front desk, 2 tenaga pembukuan dengan penambahan alat menjadi 9 bike lift. Paling ramai, untuk hari Sabtu bisa mencapai 120 pelanggan. Menjelang lebaran yakni pada H-14, angka 120 pelanggan ini bisa dicapai hampir tiap hari. Mengenai pajak eksterior, Indra harus merogoh kocek Rp 250 ribu pertahun, untuk lokasi bengkelnya yang berada pada jalan kategori 3. Sementara tagihan pajak eksterior sesungguhnya sekitar Rp 1 juta pertahun, dengan 75 persen disubsidi oleh PT AHM. 
Indra mengaku bisnis bengkel cukup menjanjikan. Apalagi bengkel AHASS yang telah memiliki reputasi tinggi. Kesulitan dalam bisnis bengkel, menurut Indra, pada pencarian tenaga SDM. Guna mengantisipasinya, Indra merekrut tenaga mekanik yang baru lulus STM dengan usia 20-21 tahun. Alasannya, usia remaja seperti ini mudah mnyerap materi training dalam hal peningkatan skill ataupun peningkatan kualitas kepribadian. Sehingga, pembentukan karakter karyawan tidak terlalu mengalami kesulitan. Berbeda dengan merekrut pegawai dengan usia lebih tua, maka akan lebih sulit untuk menggemblengnya. 
AHASS Robinson Motor yang telah mencapai Authorized Claim Shop (ACS) sejak 1998 silam ini, memiliki 11 mekanik ahli yang lolos Pelatihan Mekanik Tingkat (PMT) 2. Sementara 1 orang mekanik masih pada tahap PMT 1, satu lagi masih assisten mekanik. Tenaga pembukuan pun ditangani oleh Indra sendiri beserta istrinya. Bisnis bengkel AHASS yang digelutinya selama hampir 10 tahun ini, menurut Indra letak keberhasilannya tidak hanya terletak pada mekanik saja. Melainkan, ketersediaan suku cadang, selalu komunikasi dengan konsumen ketika ada penggantian suku cadang, serta pelayanan yang ramah. Setiap mekanik, dituntut tidak hanya mengerti tentang mesin, melainkan juga mampu melayani pelanggan dengan ramah. 
“Dalam perawatan ada spare parts yang harus diganti maka harus dengan persetujuan konsumen. Jadi mekanik, tekniknya harus bagus, suku cadang pun harus komplet, asal ke bengkel ini semua sudah beres. Pelayanan ramah kepada customer,” papar Indra. Malik


Proposal Usaha Terkait  :

5 komentar:

  1. selamat malam juragan yang budiman.
    saya iwan dari gresik.
    saya ingin mendirikan bengkel AHASS H2 H3.

    bisakah diantara juragan juragan ini membantu saya untuk memberikan contoh format surat permohonan menjadi AHASS? serta contoh proposal kerjasama bengkel AHASS yang akan saya tujukan pada MPM jawa timur.

    kalau berkenan membantu silahkan juragan kirimkan ke email saya ahliwan.ardhinata@rocketmail.com

    terimakasih banyak saya ucapkan atas forum ini dan juga kepada juragan yang berkenan membantu saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo
      Selamat Sore

      Perkenalkan saya:
      I Wayan Sutama dari Bali

      Sama seperti pertanyaan Pak Iwan, Kalau ada contoh profosal untuk pengajuan bengkel AHAS, Kalau berkenan bisa dikirimkan ke: sutama2000@yahoo.com

      Terima kasih banyak atas perhatiannya

      Hapus
    2. assalamualaikum,

      perkenalkan nama saya hariyo,

      jika ada yang berkenan, bolehkan saya tau juga format proposalnya.. dan proposalnya ditujukan kemana yah?

      bisa dikirimkan ke : radenmasadri@gmail.com

      terimakasih

      Hapus
  2. ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,JATI LUHUR KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, JATI LUHUR KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN AMIN.

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI JATI LUHUR DI NMR (_+_6_2_8_5_2_2_9_4_8_7_8_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK) www.uangghaib.webs.com SAYA SUDAH
    BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
    ╔══╗═════╔╗═════
    ╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
    ═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
    ═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
    ═══════╚═╝═╚═╝══
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

    BalasHapus
  3. Semangat Pagi
    Perkenalkan nama saya Gede Sukenada dari Denpasar Bali
    Mengawali Komunikasi mohon bantuannya untuk contoh profosal untuk pengajuan bengkel AHAS,dan jika ada rekomendasi untuk main Daeler di Denpasar mohon bantuannya........sukenadagede@gmail.com....suksme

    BalasHapus