Jumat, 18 November 2011

Aromanis Usaha yang Menguntungkan


Arum manis atau permen kapas (cotton candy), mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Panganan berbahan dasar gula ini dulu sering kita temukan di pinggiran jalan, atau di beberapa acara pasar malam yang sengaja diadakan masyarakat di berbagai daerah.
Warnanya yang menarik, dan rasanya yang manis banyak digemari anak-anak hingga orang dewasa. Tak heran bila saat ini bisnis arum manis tidak hanya dijalankan pada saat ada pasar malam saja, namun sudah berkembang menjadi salah satu peluang bisnis modern dengan munculnya berbagai penawaran bisnis waralaba arum manis. Tertarik untuk mencobanya? Berikut kami informasikan peluang bisnis arum manis, yang dapat Anda jalankan dengan modal kecil.
Konsumen
Pada dasarnya target utama panganan manis ini adalah anak-anak. Namun seiring dengan perkembangan waktu, tidak hanya anak-anak saja yang menyukai jajanan ini. Banyak orang dewasa yang sengaja memburu arum manis, untuk mengenang masa-masa indah mereka di waktu kecil.

Info Produk
Penganan ringan yang terbuat dari bahan dasar gula, terigu dan sedikit diberi pewarna makanan ini memiliki ciri tersendiri dibandingkan kembang gula lainnya. Baik dari teksturnya yang lembut ketika dinikmati, bentuknya yang ringan seperti kapas, serta rasanya yang manis seperti gula, membuat makanan ini selalu dicari para konsumennya.
Bagi Anda yang tertarik mencoba bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan sebelum memulai usaha, antara lain sebagai berikut :
  1. Siapkan mesin pembuat arum manis.
  2. Gunakan bahan baku yang aman bagi kesehatan konsumen. Hindarkan penggunaan pemanis buatan ataupun pewarna non makanan, agar konsumen Anda tidak berpaling ke produsen lain.
  3. Pilih kemasan produk yang menarik, agar konsumen Anda tertarik membeli arum manis yang dipasarkan.
  4. Pilih lokasi yang strategis. Misalnya saja seperti di depan sekolah, di arena taman bermain, di sekitar pusat perbelanjaan, atau di pasar malam yang sering diadakan di kota Anda.
Cara Membuat
  • Masukkan gula pasir yang sudah diberi atau ditambahkan pewarna makanan
  • Hidupkan mesin hingga panas, dan tunggu beberapa saat sampai keluar “asap/awan” gula dan gulung dengan lidi atau sebaiknya gunakan yang terbuat dari bambu atau gunakan cone stik
  • Gulung sampai ukuran yang diinginkan (sesuaikan ukuran plastik yang akan digunakan)
  • Masukan ke dalam kemasan plastik dan siap untuk dipasarkan
Bisnis arum manis ini memang bisnis yang menguntungkan, sebagai gambarannya, rata-rata dari 1 kg gula putih dapat menghasilkan arum  manis 25 – 30 kantung besar.  Harga jual arumanis cukup bervariasi mulai Rp 2000,00 hingga Rp 12.500,00 tergantung kemasannya.bisnis arum manis yang bermodal kecil
Kelebihan bisnis
Proses pembuatan arum manis sangatlah mudah, hanya membutuhkan sedikit keterampilan dan kecermatan dalam menggunakan mesinnya. Selain itu bahan baku yang dibutuhkan juga mudah ditemukan di sekitar kita, sehingga tidak mempersulit Anda dalam menjalankan usaha ini.
Selanjutnya peluang usaha ini juga tidak membutuhkan modal besar, Anda hanya membutuhkan mesin produksi arum manis yang harganya relatif murah. Sehingga bagi Anda yang bermodal kecil, tidak perlu ragu untuk mencoba memulai usaha arum manis.
Kekurangan bisnis
Salah satu kendala bisnis arum manis yaitu persaingan bisnis yang semakin ketat. Saat ini tidak hanya para pedagang keliling saja yang menjajakan arum manis, namun sudah banyak pelaku bisnis arum manis yang membuka kemitraannya di berbagai wilayah. Sehingga Anda harus jeli dalam memilih lokasi usaha yang masih berpotensi.

Pemasaran bisnis

Untuk pemasaran bisnis manis ini terbilang tidaklah terlalu sulit, karena penganan ini begitu diminati anak-anak, sehingga Anda dapat memasarkannya di tempat-tempat keramaian seperti tempat rekreasi, tempat wisata, sekolah, atau di pasar malam. Bahkan untuk acara hajatan atau pesta ulang tahun penganan ini pun cukup diminati jika cara pengkemasannya dibuat berbeda, unik dan menarik sehingga membuat anak-anak semakin menyukainya. Anda juga bisa menitipkan di toko – toko penjual jajanan tertentu atau anda bisa memasarkannya sendiri dengan sistem kemitraan.
Kunci Sukses
Yang terpenting gunakan bahan baku yang berkualitas dan terjamin keamanannya, agar konsumen Anda tidak segan untuk membeli kembali arum manis yang Anda produksi. Disamping itu, tawarkan sesuatu yang unik agar konsumen Anda tertarik membeli arum manis tersebut. Misalnya dengan menambahkan kemasan produk yang menarik, atau menawarkan berbagai variasi warna maupun rasa kepada konsumen Anda. Dengan begitu, para konsumen semakin loyal dengan produk yang Anda tawarkan.
Analisa Ekonomi

Asumsi
Bisnis dijalankan di tempat arena bermain.

Modal awal
Mesin pembuat arum manis                      Rp 1. 500.000,00
Mesin mengalami penyusutan setelah pemakaian 3 tahun (36 bulan) :
1/36 x Rp 1.500.000,00             =          Rp 41.700,00/bulan

Biaya operasional per bulan
Bahan baku per hari (2 kg gula pasir, pewarna makanan, dll)
Rp 50.000,00 x 30 hari             =          Rp 1.500.000,00
Plastik kemasan                                 Rp   300.000,00
Biaya sewa tempat per bulan               Rp   400.000,00
Biaya listrik                                        Rp   150.000,00
Biaya penyusutan per bulan                 Rp    41.700,00 +
Total                                                  Rp 2.391.700,00

Omset per bulan
Penjualan per hari (@ Rp 4.000,00 x 30 buah)  Rp 120.000,00
Omset per bulan Rp 120.000,00 x 30 hari        Rp 3.600.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 3.600.000,00 - Rp 2.391.700,00    =        Rp 1.208.300,00

ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan) =        1,3 bulan
Source  :  http://bisnisukm.com
Proposal Usaha Terkait  :
Proposal Usaha Siomay
Proposal Usaha Bakso
Proposal Usaha Pukis

1 komentar:

  1. ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,JATI LUHUR KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, JATI LUHUR KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN AMIN.

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI JATI LUHUR DI NMR (_+_6_2_8_5_2_2_9_4_8_7_8_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK) www.uangghaib.webs.com SAYA SUDAH
    BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
    ╔══╗═════╔╗═════
    ╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
    ═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
    ═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
    ═══════╚═╝═╚═╝══
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

    BalasHapus