Kamis, 15 Desember 2011

Proposal Usaha Es Cincau


Es cincau, minuman tradisionalnamun masih banyak penggemarnya. Minuman cincau yang disajikan dengan tambahan es serut dan dicampur dengan sedikit santan dan pemanis dari gula merah maupun gula pasir, banyak dijajakan di pinggir jalan. Selain rasanya yang segar dan manis, cincau ini juga mempunyai beberapa khasiat seperti membantu menyembuhkan darah tinggi, mengatasi gangguan nyeri perut, panas dalam, dan mengandung antioksidan.
Konsumen
Es cincau digemari oleh semua orang, kesegarannya sering dicari masyarakat untuk melepaskan dahaga. Karena harganya yang relative murah, es cincau juga bisa menjangkau semua lapisan masyarakat. Tua muda, kaya miskin, wanita maupun pria semua menyukai menu minuman segar ini.
Info bisnis
Daun cincau yang diolah sebaiknya yang berwarna hijau tua dan masih segar. Dau sebaiknya tidak terlalu tebal dan kaku, karena yang begini rasanya akan sedikit pahit. Untuk mendapatkan daun ini Anda bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional sekitar Anda. Es cincau ini bisa menggunakan beberapa pemanis seperti gula pasir, gula merah, madu atau sirup. Jangan menggunakan bahan pemanis buatan karena akan mengurangi kesegaran rasanya dan juga konsumen akan cenderung tidak kembali ke tempat Anda. Agar rasanya segar dan khas tradisionalnya dan juga untuk mengirit pengeluaran, gunakanlah pemanis alami dari gula jawa .
Berikut kami berikan resep pembuatan minuman es cincau yang dapat Anda coba sebagai peluang usaha baru.
Bahan-bahan:
20 lembar daun cincau
1 liter santan kental, rebus hingga mendidih dan dinginkan
2 liter air hangat
250 ml larutan gula merah
Es batu secukupnya
Cara buat:
-  Daun cincau dicuci bersih
-  Remas-remas hingga keluar gel berwarna hijau tua, tambahkan air hangat sedikit demi sedikit.
-  Saring air hasil perasan dan buang ampasnya.
-  Tambahkan bahna penstabil secukupnya.
-  Dinginkan hingga kenyal sepirti agar-agar.
Cara penyajian
Ambil sebagian cincau yang sudah jadi ke dalam gelas. Tambahkan santan dan larutan gula merah, kemudian yang terakhir tambahkan es secukupnya. Es cincau sudah siap di minum.
Kelebihan bisnis
Memulai bisnis es cincau terbilang cukup mudah, karena proses pembuatan es cincau pun juga mudah. Selain itu pembuatan es cincau juga tidak membutuhkan banyak modal, sehingga bisnis minuman es cincau bisa dijalankan siapa saja.
Kekurangan bisnis
Disamping kelebihan yang menguntungkan bisnis tersebut, ada beberapa kendala yang sedikit menghambat bisnis minuman es cincau. Salah satunya yaitu produk ini tidak dapat bertahan lama, sehingga cincau yang tersisa tidak dapat dipergunakan lagi. Oleh karena itu untuk proses produksi, sebaiknya perkirakan takarannya dengan baik. Disamping itu penjualan es cincau juga dipengaruhi oleh cuaca, jika cuaca panas maka penjualan bisa meningkat. Namun jika musim hujan maka kebalikannya, penjualan akan sangat menurun.  Jadi untuk memproduksi es cincau sesuaikan dengan keadaan pasar.
Pemasaran
Peluang bisnis es cincau sebenarnya tidak membutuhkan promosi tertentu. Untuk pelaku usaha yang menjajakan dagangannya secara keliling, bisa menggunakan suara tertentu untuk menarik minat konsumen ( misalnya dengan memukul gelas dengan sendok ). Sedangkan bila menetap, promosi dapat dilakukan dengan membuat spanduk berisi nama usaha dan jenis produk yang dijual. Namun promosi yang paling efektif adalah promosi dari mulut ke mulut, untuk itu jaga kualitas produk yang Anda tawarkan. Agar para pelanggan yang mempromosikan usaha Anda.
Kunci sukses
Agar kualitas kesegaran es cincau yang Anda tawarkan, sebaiknya gunakan pemanis asli. Jangan sekali – kali menggunakan pemanis buatan, karena hanya akan membuat konsumen kecewa dan menimbulkan kesan buruk dimata para konsumen. Bagi yang berminat dengan segarnya usaha es cincau, berikut kami berikan contoh analisa ekonominya.
Analisa usaha

Modal awal:
Gerobak                                    Rp 1.500.000,00
Peralatan                                  Rp   500.000,00+
Jumlah                                     Rp 2.000.000,00
Penyusutan:
Masa pakai gerobag dan peralatan 3 tahun.
Nilai residu Rp 1.000,00.
Penyusutan per bulan
= (Rp 2.000.000 – Rp 1.000) : 36   =   Rp 55.528,00

Biaya Operasional per Bulan:
Penyusutan gerobak dan peralatan     Rp    55.528,00

Bahan-bahan (Rp 80.000 x 30 hari)    Rp 2.400.000,00+
Jumlah                               Rp 2.455.528,00

Omzet per bulan:
(60 gelas/hari x Rp 2.000 x 30 hari) = Rp 3.600.000,00

Laba per bulan:
(Rp 3.600.000,00 - Rp 2.455.528,00) = Rp 1.144.472,00

Source  :  bisnisukm.com
Proposal Usaha Terkait  :
Proposal Usaha SOP BUAH
Proposal Usaha Martabak Unyil
Proposal Usaha Cakwe

2 komentar:

  1. Terima kasih atas tulisanx, sangat bermanfaat bagi saya...

    BalasHapus
  2. Semoga usahanya lancar pak mustofa,

    BalasHapus