Kamis, 15 Desember 2011

Usaha Air Isi Ulang


Bisnis air minum isi ulang merupakan peluang bisnis yang tetap bisa survive di masa yang akan datang. Walaupun bisnis air minum isi ulang ini belakangan cukup menjamur, namun Anda tidak boleh patah semangat untuk menekuninya, sebab semua orang butuh air, baik untuk minum ataupun keperluan kebutuhan yang lainnya. Menekuni bisnis ini tidaklah terlalu sulit pengelolaannya, dan juga tidak membutuhkan tempat yang luas namun harus berada pada tempat yang benar-benar strategis. Tempat depot air isi ulang yang strategis ini ternyata dapat mendongkrak penjualan sampai 50% selain harga tentunya yang lebih kompetitif, karena orang sangat interest sekali untuk mendapatkan perbedaan harganya.
Konsumen
Semua orang membutuhkan air minum. Ini menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis isi ulang air minum. Kebanyakan orang tidak mau repot memasak air minum sendiri, jadi mereka lebih memilih cara praktis untuk memperoleh air minum dari depot isi ulang yang saat ini banyak bermunculan.
Info bisnis
Sebagain besar perbedaan harga antara depot yang satu dengan yang lainnya itu tidak signifikan. Bahkan bisa dibilang bisnis ini mirip dengan jual voucer isi ulang, orang akan mencari tempat pengisian atau  tempat depot air isi ulang walaupun perbedaan harga air isi  ulang bisa dikatakan tipis. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah peluang yang menjanjikan ketika Anda akan menekuni bisnis ini. Banyak sekali tempat depot air isi ulang yang semakin sukses, karena bisnis tersebut sangat menjanjikan sekali.  Menjalankan usaha ini bisa meraup keuntungan yang besar, karena masyarakat banyak yang beralih menggunakan jasa depot pengisian air isi ulang tersebut.
Langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah menyediakan tempat di lokasi strategis. Untuk bisnis air isi ulang tidak membutuhkan tempat yang luas, ruangan ukuran 4 x 5 meter saja sudah lebih dari cukup.  Kemudian Anda harus mencari agen penyulingan dan juga perakitan alat pengisian ulang air mineral. Biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memasangkan alat penyulingan tersebut.
Pemasaran
Meskipun sebenarnya tidak membutuhkan promosi khusus, namun untuk memasarkan bisnis ini dapat dilakukan dengan membagikan brosur maupun pamflet ke sekitar lokasi usaha. Sehingga masyarakat sekitar mengetahui usaha Anda. Disamping itu Anda juga bisa memberikan bonus berupa kupon gratis untuk mengisi air minum, misalnya setelah 10 kali pengisian konsumen memperoleh layanan gratis 1x pengisian. Bonus tersebut dapat menarik minat masyarakat untuk mengisi air minum di tempat Anda.
Kelebihan bisnis
Saat ini sumber air minum yang benar – benar sehat, cukup sulit ditemukan karena pemikiman warga semakin rapat. Selain itu tingginya aktivitas masyarakat, juga menyebabkan mereka memilih segala sesuatunya yang serba praktis. Termasuk juga dalam penyediaan air minum, mereka juga lebih senang di depot isi ulang air minum, tanpa harus membuang waktu dan tenaga untuk memasak air. Keadaan ini sangat menguntungkan bisnis isi ulang air minum.
Kekurangan bisnis
Kendala dalam menjalankan usaha ini adalah kepercayaan masyarakat, dimana masyarakat sangat peka dengan kualitas air kemasan yang Anda jual tersebut. Jaga kualitas air di depot isi ulang Anda, agar kepercayaan masyarakat juga terjaga.
Kunci sukses
Keberhasilan dalam menjalankan usaha ini antara lain bergantung pada beberapa hal:
- Kualitas air
- Harga per galon yang Anda tetapkan
- Layanan yang baik dan ramah
- Serta yang terpenting lokasi strategis depot isi ulang Anda, lokasi yang sebaiknya Anda pilih antara lain perkantoran, serta kampus.
Satu hal lagi jika Anda menjalankan bisnis air isi ulang adalah jangan pelit untuk memberikan bonus galon isi ulang jika konsumen Anda telah membeli beberapa kali (misalnya sepuluh kali) dengan menyerahkan bukti kuitansi yang sudah ada.
Analisa ekonomi 

Modal Awal
Tempat dan peralatan                  Rp 35.000.000

Biaya operasional
Gaji pegawai 2 orang                  Rp 1.200.000
Listrik dan air                       Rp 1.000.000
Tissue pembersih dan tutup gallon     Rp   300.000+
Total                                 Rp 2.500.000

Omzet per bulan
Omset per hari
Rp 12.000 x 10                        Rp 120.000
Omset per bulan
Rp 120.000 x 30 hari                  Rp 3.600.000

Laba per bulan
Rp 3.600.000 - Rp 2.500.000           Rp 1.100.000

Masa kembali modal
(Modal Awal:Laba per bulan     =        2,8 tahun

Source  :  bisnisukm.com
Proposal Usaha Terkait  :
Proposal Usaha Digital Printing
Proposal Usaha Percetakaan
Proposal Usaha Toko Roti

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar