Tuesday 31 January 2012

Bisnis Sablon Digital Rumahan


Kebutuhan sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok dan juga kebutuhan yang selalu berkembang seiring berkembangnya mode fashion yang ada ditengah tengah kita. Nah ini bisa menjadi peluang bisnis buat kita semua jika bisa menangakap memontumnya. DI beberapa artikel sebelumnya sudah diulas peluang usaha jual baju dan sejenisnya, untuk kali ini saya akan sedikit mengulas peluang bisnis sablon digital skala rumahan (peluang usaha sablon manual juga sudah ada artikelnya di blog ini silahkan dibaca juga).
Peluang bisnis sablon menyablon saat ini terlihat sebagai sebagai bisnis yang masih dan akan terus berkembang seiring berkembangnya juga pusat pusat distro dan juga lalu lintas jual beli kaos dan baju online via internet. Oke langsung saja kita bicara mengenai peluang bisnis sablon digital ini. JIka kita ingin memulainya maka ada dua cara kit berbisnis usaha ini, yang pertama kita bisa membuat sendiri dengan metode digital tersebut atau kita menjadi makelar saja dengan mengajak kerjaama produsen kaos sablon digital untuk mau bekerjasama di bisnis ini. Tapi saya ingin mengulas sedikit mengenai kesempatan yang pertama yaitu kita membuat sendiri sablon digital ini, jadi kita akan lebih bis merasakan dari awal peluang bisnis ini nantinya.
Ada beberapa yang perlu diperhatikan jika ingin memanfaatkan dan menjalankan peluang bisnis sablon digital ini, bahan dan peralatan yang dibutuhkan yaitu diantaranya :
KAOS
Jika berbicara sablon kaos, tentu saja bahan baku yang satu ini tidak bisa dilupakan, lha kita kan ingin jualan kaos maka yan harus ada kaosnya dong hehehe… Tentukan saja bahan yang kualitasnya bagus atau menengah tergantung pasar anda nantinya. Peluang bisnis ini membutuhkan perencanaan mulai dari bahan baku sampai target pasar yang akan disasar nantinya. Bahan kaos combed, kaos cardet dan kaos bahan PE bisa menjadi alternatif untuk memulainya. beli saja sekitar satu lusin dulu untuk ujicoba.
Komputer/PC/Laptop
Alat ini jelas kita butuhkan walaupun miasl kita tidak punya pun juga bisa ( masa harus rental sih hehe ). pastikan kualias VGA nya bagus jadi warna yang kita kehendaki bisa terkihat nyata di layar komputer anda nantinya.Jika ingin serius menangkap peluang bisnis ini, saya rasa modal alat yang satu ini sebaiknya diusahakan anda punya juga.
Printer dan TInta Khusus (Tinta Sublim)
Printer kita pakai untuk mencetak desain dari pc/laptop ke inject paper dengan memakai tinta sublim tersebut. Proses tinta sublim akan berjaland engan baik karena dengan tekanan dan panas yang cukup ( dengan memakai ala yang dinamakan mesin hotpress). Tinta sublim termasuk salah satu jenis tinta koloid dan merupakan salah satu varian dari tinta pigment dengan kemampuan transfer..
Mesin Hotpress ( Tekanan dan Pemanas)
Sudah dijelaskan sedikit di nomer 3 diatas, mesin ini merupakan salah satu mesin yang dibutuhkan jika kita ingin menjalankan peluang bisnis ini. Harga dari mesn ini sekitar 3 jutaan, silahkan survey harga terbaru.
Inject Paper
Peluang bisnis sablon kaos digital ini tidak bisa lepas dari bahan baku inject paper ini. Bahan baku ini merupakan bahan yang digunakan untuk mentransfer tinta sublim ke kaos yang bahan dasarnya adalah Polyester misalnya Bahan PE. Hasilnya cukup lumayan tajam dan hanya tintanya saja yang akan pindah ke kaos (Kertasnya tidak ikut nempel di kaos). Sedangkan transfer paper untuk kaos yang berbahan combed atau cardet, hasilnya juga tajam, tetapi yang tertransfer adalah tinta berikut dengan lapisan kertasnya. ).
Nah beberapa komponen diatas adalah hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan jika kita ingin merintis dan memulai peluang bisnis sablon digital. Ohya selain kaos, bisa juga topi, pin, kartu nama, dan lain lain silahkan berkreasi di bisnis ini. JIka ada kemauan dan kemampuan kenapa tidak dicoba?


Peluang Usaha Terkait  :

3 comments:

  1. pengen banget nyoba mas..
    :(
    tapi mahal ga y...
    kok ga ada rinciam biaya nya ya ?

    ReplyDelete
  2. Dicoba saja mas,.. sekitar 6jutaan, modalny

    ReplyDelete
  3. Bisa kasih gambaran itung itungan modal nya gak? trus info peraltannya

    ReplyDelete