Friday 19 November 2010

Perbedaan kecepatan antara GPRS, 3G dan HSPDA



1. GPRS (115 kb/s)

gprs kecepatannya masih lumayan lah kira2 dua kali lipat dari koneksi dial up jadi masih nyaman dah untuk download file-file kecil, browsing, chatting, streaming dikit. Keuntungannya daerah coveragenya udah merata di seluruh Indonesia. Dalam praktek kecepatan tertinggi yang didapat kurang lebih 14-an kb/s rata-rata kecepatan yang didapat sekitar 9-10 kb/s… Beuhhh… Lumayan kan…?

2. 3G (320 kb/s)

beranjak ke 3G, layanan yang sedang populernya di indonesia ini ternyata menarik juga nih untuk dibahas. Kecepatannya sekitar 4-5 kali lipat dari koneksi GPRS, waduh bukan nyaman lagi… Uenak tenan… Hehehe… Tapi daerah coveragenya di Indonesia masih dalam masa perluasan. Dalam praktek kecepatan tertinggi yang didapat sekitar 55 kb/s rata-rata kecepatan yang didapat sekitar 35-45 kb/s… Beuhhhh… Puas dah…!

3. HSDPA (3,2 mb/s)

Waduh kalo beranjak ke teknologi yang juga disebut 3.5G ini jangan tanya lagi soal kecepatan koneksinya, lebih dari puas euy…! Kecepatannya sekitar 6-7 kali lipat dari 3G…! Ini mah Super Duper Uennaaak Tenaan…! Hihihi… Daerah coveragenya masih lumayan dikit tuh… Dalam praktek kecepatan yang didapat sekitar 300-400 kb/s atau lebih cepat lagi…

yups sedikit informasi moga bermanfaat buat temen2.....

No comments:

Post a Comment