Tuesday 24 July 2012

Membuat Hamburger Sebagai Peluang Usaha


Bisnis makanan adalah salah satu jenis bisnis yang  cukup menguntungkan  dan  mudah  untuk dijalankan. Ada berbagai jenis bisnis makanan yang  dapat anda jalankan, mulai dari makanan siap saji, makanan kering dsb. Salah satu jenis bisnis makanan yang  cukup ramai adalah jajanan untuk anak sekolah. Ada berbagai jenis makanan yang dapat Anda jadikan pilihan, namun alangkah baiknya jika kita mulai memikirkan  kesehatan generasi penerus bangsa ini, yakni dengan jajanan sehat yang terbebas dari bahan pengawet, pewarna serta bahan kimia berbahaya lainnya.  Jajanan yang  higienis serta memiliki  kandungan gizi bagi yang  mengonsumsinya.
Salah satu jenis makanan yang  dapat dijadikan pilihan adalah Hamburger. Mengapa hamburger menjadi pilihan? Hamburger cukup populer di kalangan anak-anak, penyajiannya cukup praktis, mengenyangkan  dan cukup kalori serta nilai  gizinya  yakni dari  daging, sayuran serta telor dan bahan tambahan lainnya. Bahan-bahannya mudah didapat dan harganya relatif terjangkau bagi anak-anak.
Strategi bisnis yang dapat Anda terapkan adalah :
  • Anda dapat menyajikan hidangan burger sesuai dengan anggaran Anda, yakni membuat  bahan baku ingridiennya seperti membuat daging  burger sendiri ataupun membeli daging burger yang  siap masak yang  banyak tersedia dipasaran. Hal ini disesuaikan dengan harga jual yang  Anda patok untuk setiap hamburgernya.
  • Ragam bahan tambahan yang  ingin Anda gunakan  dalam produk  Anda juga sesuai dengan harga yang  Anda patok  untuk satu porsi hamburger Anda seperti penambahan keju, telur aneka jenis sayuran dan saus.
  • Kemasan yang Anda gunakan dibuat simpel dan memudahkan  dalam menyantap hamburger serta menarik bagi anak-anak.
  • Satu hal lagi yang  tak kalah penting  adalah lokasi usaha yang  strategis juga mendukung keberhasilan  bisnis hamburger Anda. Jika berupa grobak atau tempat mangkal, cari lokasi yang  dekat dan mudah dijangkau oleh anak-anak sekolah.
  • Iklan atau pengenalan dari produk hamburger juga diperlukan. Anda bisa menyebarkan brosur yang  menarik untuk memberitahukan  keberadaan usaha hamburger Anda.
  • Promo yang menarik  merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan Anda. Misalnya dengan pemberian harga khusus/discount untuk pembelian jumlah tertentu. Harga promo untuk produk baru dsb.
Sebagai refrensi berikut salah satu resep Hamburger, Anda dapat mengubah ataupun mengganti sesuai dengan kebutuhan usaha Anda!
RESEP HAMBURGER
Bahan Daging :
o 300 gr daging giling tanpa lemak
o ½ buah bawang bombay, cincang halus
o 2 sdm kecap inggris
o 50 gr tepung panir halus
o 1 ½ sdt garam
o ½ sdt merica bubuik
o 1 sdt pala bubuk
o ½ sdt gula pasir
o 1 sdt kecap manis
o 3 sdm susu cair
Bahan Pelengkap
o 6 buah roti hamburger
o 6 lembar daun selada
o 1 buah tomat, iris melintang tipis
o 1 buah mentimun, iris serong tipis 6 lembar keju
o 60 gram mayones
o 30 gram saus sambal
o 60 gram saus tomat
o 25 gram mustard
Bahan Olesan
o 2 sdt kecap manis
o 2 sdt kecap inggris
o 2 sdt margarin
Cara Membuat
o Aduk rata semua bahan daging. Bentuk bulat pipih.
o Campurkan semua bahan olesan.
o Panggang daging yang telah dibentuk sambil diolesi campuran bahan olesan.
o Bolak-balik hingga daging matang.
o Susun sayuran, daging yang telah dipanggang, dan keju di atas potongan roti. Tambahkan mayones, saus sambal, saus tomat, dan mustard. Tutup dengan potongan roti bagian atas.
Agar lebih menarik untuk anak-anak, bagian atas ataupun dalam penyajiannya dapat dihias sehingga lebih meriah bagi anak-anak.


Peluang Usaha Lainnya :

No comments:

Post a Comment