Wednesday 26 October 2011

Proposal Usaha Sarung Jok Mobil dan Motor


Dewasa ini, semakin bertambahnya jumlah penduduk berpengaruh terhadap perkembangan wilayah kota dan perluasan wilayah ini berakibat pada bertambahnya jarak tempuh mobilitas masyarakat. Sehingga hal ini berpengaruh terhadap meningkatnya kebutuhan akan kendaraan bermotor.
Keberadaan kendaraan bermotor pada saat ini sudah bukan lagi semata-mata kebutuhan untuk transportasi saja tetapi sudah meningkat menjadi kepuasan dan kenyamanan bagi pemiliknya sehingga perlu adanya penambahan atau perbaikan pada aksesorisnya. Kondisi inilah yang dimanfaatkan oleh Zainal Abidin dalam memulai usaha pembuatan jok mobil.
Sebelumnya, Zainal bekerja bersama kakaknya di usaha karoseri di Semarang yang kemudian pindah ke Jogja untuk menekuni usaha pembuatan jok mobil. Usaha ini dirintis pada tahun 1989, hanya saja pada waktu itu usaha ini kurang memberikan keuntungan karena jumlah mobil masih sedikit. Saat itu fokus beralih ke pembuatan jok motor dimana respon masyarakat cukup baik. Tetapi, pada tahun ‘97an permintaan jok mobil semakin meningkat sehingga usaha pembuatan jok dibuat menjadi 2 manajemen, Surabaya Karya untuk menangani pembuatan jok motor dan Gejayan Innova menangani pembuatan jok mobil.
Produk yang dihasilkan, untuk jok motor dan jok mobil ada beberapa model dan desain. Model dan desain tersebut menyesuaikan permintaan konsumen dan mengikuti tren perkembangan otomotif yang ada.
PRODUK            MODEL / DESAIN
Jok motor            Standar
Variasi motif
Retro
Jok mobil            Standar karoseri
Double Stick ( jahitan dobel)
Sofa
Rata-rata permintaan untuk pembuatan jok motor 10-15 buah per hari sedangkan untuk permintaan jok mobil 1 buah per hari.
Bahan Baku 
Kebutuhan akan bahan baku yang utama adalah bahan semi kulit sebagai bahan pelapisnya. Bahan pelapis jok sepeda motor diperoleh dari Surabaya dengan harga yang lebih murah antara Rp20ribu- Rp35ribu/buah. Sedangkan bahan pelapis jok mobil diperoleh dari dealer resmi di Jogja. Kebutuhan bahan jok mobil sebagai berikut :
Jenis Mobil            Kebutuhan Bahan
Sedan                        6-7 meter
MPV                          9-10meter
Sedangkan untuk harga bahan semi kulit:
Merek Bahan                Harga /meter
MBTech.Camaro        Rp65rb/meter
Carveiro                         Rp35rb/meter
SPM                                  Rp30rb/meter
Proses Produksi 
Pada proses produksinya, Zainal dibantu beberapa tenaga kerja. Kebutuhan tenaga kerja dan biaya tenaga kerja sebagai berikut :
Jenis Kendaraan        Keahlian                       Jumlah        Gaji / Fee
Sepeda motor            Pembuatan pola,        4 orang       Rp150rb/minggu
                                         menjahit dan pemasangan
Mobil                            Pembuatan pola dan menjahit                 4 orang       Bagi hasil, 40%
                                        Pemasangan                  1 orang                                           dari keuntungan
Proses pembuatannya sendiri cukup sederhana. Setiap ada keluaran seri mobil terbaru, Zainal segera membuat polanya pada kertas karton sehingga apabila ada permintaan dari konsumen tinggal menggambar pola tersebut diatas bahan semi kulit yang telah disiapkan. Zainal memberikan pelayanan 1 hari jadi tanpa mengurangi kualitas.
Setelah transaksi disepakati, maka ditentukan jenis bahan, motif dan warna. Kemudian konsumen memberikan uang muka. Dari pola-pola yang sudah tersedia, digambar di bahan semi kulit tersebut kemudian dilakukan pemotongan dan penjahitan (pembuatan sarung jok).
Proses ini memakan wakru kurang lebih 3-4jam. Setelah sarung jok siap, dilakukan pemasangan yang memakan waktu 3-4 jam pula. Proses pemasangan ini menyesuaikan dengan model yang telah ditentukan. Sebagian besar pemilik mobil tidak melakukan pergantian jok tetapi hanya pelapisan jok tanpa mengganti dan merusak kulit pelapis jok yang lama.
Tujuannya selain untuk modifikasi juga untuk melindungi kulit pelapis jok yang asli tidak kotor. Pada proses pemasangan ini pula diterapkan pengepresan supaya pelapis jok baru menempel pada pelapis jok yang lama sehingga terlihat rapi.
Kualitas hasil akhir jok mobil dan motor produksi Zainal rata-rata standar dengan hasil produksi pengusaha lain. Hanya saja Zainal menetapkan harga cukup miring dengan selisih Rp300rb-Rp500rb per mobil. Hal ini diterapkan supaya order tetap lancar sehingga bisa membiayai tenaga kerja. Selain itu, Zainal selalu menawarkan bahan semi kulit produk asli.
Pangsa Pasar
Pangsa pasar untuk jok sepeda motor adalah masyarakat  umum. Sedangkan untuk konsumen jok mobil mayoritas adalah pengusaha rental mobil dalam jumlah banyak, 10-20 mobil, sehingga Zainal sering memberikan potongan harga. Selian itu sisanya dari instansi pemerintah dan swasta serta dari masyarakat umum. Patokan harga sebagai berikut:
Jenis Kendaraan            Harga
Sepeda Motor                Rp25rb-Rp40rb / buah
Sedan                                Rp650rb-Rp1,2juta/mobil
MPV                                  Rp850rb-Rp1,4juta/mobil
Saat ini, Zainal mencoba fokus memantapkan dan mengembangkan usaha yang sudah ada.
Simulasi Keuntungan Usaha Pelapisan Jok
Bahan baku
Jok motor             : 450 buah x Rp. 20.000,00               = Rp. 900.000,00
Jok mobil               : 30 x 10 meter x Rp. 40.000,00     = Rp. 12.000.000,00
Total Bahan Baku                         = Rp. 21.000.000,00
Tenaga kerja
Karyawan motor     : 4 orang x 600.000,00        = Rp. 2.400.000,00
Karyawan mobil     :  40% x  Rp. 12.000.000,00        = Rp. 4.800.000,00
Total Tenaga Kerja                         = Rp. 7.200.000,00
Total Pengeluaran     : Rp. 21.000.000,00 + Rp. 7.200.000,00 = Rp. 28.200.000,00
Pendapatan
Penjualan Jok Motor     : 450 buah x Rp. 35.000,00         = Rp. 15.750.000,00
Penjualan Jok Mobil     : 30 buah x Rp. 800.000,00        = Rp. 24.000.000,00
Total Pendapatan                         = Rp. 39.750.000,00
Keuntungan     : Rp. 39.750.000,00 – Rp. 28.200.000,00 = Rp. 11.550.000,00/bulan
Source : Bisnisukm.com
Artikel Terkait :

1 comment:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<«« Wassalam





    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    ReplyDelete