Thursday 27 October 2011

Proposal Usaha Bimbingan Belajar Rumahan


Meningkatnya kebutuhan waktu belajar tambahan di luar sekolah bagi banyak pelajar, merupakan peluang emas bagi Anda yang ingin mengembangkan ilmu dan memiliki kemampuan dalam bidang belajar mengajar. Banyak orang tua yang menginginkan putra-putrinya untuk mengikuti pendidikan tambahan di luar jam sekolah. Karena  mereka ingin meningkatkan kecerdasan buah hatinya. Dorongan dari para orang tua seperti itulah yang menjadikan bisnis pendidikan menjadi  yang memiliki prospek bagus.Dengan membuka bimbingan belajar (bimbel) di rumah, Anda tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Modal utama Anda dalam berbisnis bimbingan belajar rumahanini adalah kesiapan diri Anda. Anda harus mampu menguasai dan menyampaikan mata pelajaran yang Anda tawarkan. Meski Anda hanya memiliki satu atau beberapa kemampuan di mata pelajaran tertentu, Anda dapat menyewa orang lain atau teman Anda untuk memberikan les kepada konsumen yang meminta Anda. Biasanya layanan jasa bimbel/les privat rumahan ini diberikan di rumah Anda, pada waktu di luar jam sekolah baik sore atau malam hari.
Konsumen
Para siswa sekolah dasar, SMP, SMA, atau bahkan para mahasiwa. Khusus bagi mahasiswa, biasanya meminta les privat berupa bahasa Inggris dengan alasan bekal untuk mencari pekerjaan ketika mereka lulus nanti. Karena ada bebrapa perusahaan yang memberi persyaratan untuk pegawainya mampu berbahsa Inggris, minimal pasif.
Persiapan Memulai
Untuk menjalankan usaha bimbingan belajar/les privat skala rumahan tidaklah terlalu sulit. Dengan bekal ilmu pengetahuan yang Anda kuasai, Anda sudah dapat membuka bisnis rumahanini. Diperlukan pula pendekatan dari hati ke hati dengan komunikasi yang intensif pada anak-anak didik Anda. Pendekatan tersebut sangat diperlukan agar Anda tidak sekedar mengajar, namun Anda juga mendidik.
Perlengkapan yang harus Anda siapkan adalah kursi, papan tulis, spidol, buku pelajaran, dan kertas. Anda dapat menata/memodifikasi tempat belajar agar konsumen Anda memperoleh kenyamanan saat belajar. Jika Anda memiliki modal lebih, Anda dapat menyediakan fasilitas yang lebih baik seperti LCD Proyektor, AC atau kipas angin.
Palaksanaan
Ada beberapa teknik yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan usaha :
1. Siapkan kurikulum yang mendukung. Tujuannya agar sistem pengajaran dapat berlangsung teratur dan dapat mengevaluasi keberhasilannya.
2. Menyiapkan SDM yang dapat membantu Anda, jika anak didik Anda lebih dari 10 anak. Namun, jika Anda masih mampu mengatasinya, hal tersebut tidak perlu dilakukan.
3. Mengasah kemampuan psikologi komunikasi Anda sangatlah diperlukan, sehingga akan memudahkan Anda dalam cara menyampaikan materi dan berinteraksi dengan anak didik.
4. Motivasi diri Anda dengan cara mengikuti training-training motivasi, membaca buku, atau refreshing ke tempat-tempat baru, untuk memperluas wawasan.
Pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan dalam bisnis bimbel rumahan ini diantaranya dengan membagikan brosur atau pamflet di lingkungan sekolah atau kampus. Selain itu, Anda juga dapat memasang iklan di media lokal, seperti Koran, radio, atau media online. Pemasaran dari mulut ke mulut pun di rasa cukup efektif karena akan berinteraksi langsung dengan calon konsumen Anda. Dapat juga melalui sms yang relatif murah dan fleksibel. Agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui bisnis Anda.
Untuk strategi promosi lainnya, Anda dapat memberikan pendidikan gratis selama satu bulan atau bisa juga dengan memberika potongan biaya. Ini akan menjadi salah satu cara untuk menarik minat konsumen. Bahkan jika konsumen merasa antusias dan tertarik dengan promosi Anda, maka loyalitas konsumen juga akan meningkat.
Kunci Sukses
Kesuksesan bisnis jasa bimbingan belajar rumahan ini terletak pada kualitas pelayanan yang diberikan. Untuk itu pilihlah tenaga pengajar yang berkualitas, tempat belajar yang nyaman, dan ciptakan metode atau kurikulum pendidikan yang menyenangkan. Agar para peserta didik merasa nyaman dalam menerima pelajaran, dan orang tua juga puas dengan hasil yang diperoleh putra-putri mereka.
Analisis Usaha
Modal awal
Peralatan
Kursi kursus 10 @ Rp 300.000,.                Rp 3.000.000,.
White board                                   Rp   300.000,.
Jumlah                                        Rp 3.300.000,.
Penyusutan peralatan setelah pemakaian 3 tahun (36 bulan)
= 1/36 x Rp 3.300.000,.                     = Rp    91.667,. /bulan
Perlengkapan
Spidol 1 dos                                  Rp    30.000,.
Penghapus white board                         Rp    10.000,.
Buku-buku pelajaran                           Rp   300.000,.
Jumlah                                        Rp   340.000,.
Penghitungan laba/(rugi) per bulan
Pendapatan
Iuran 12 anak (8 x pertemuan) @ 150.000,.     Rp 1.800.000,.
Biaya-biaya
Listrik                                       Rp    50.000,.
Fotokopi soal-soal                            Rp    50.000,.
Biaya penyusutan peralatan                    Rp    91.667,.
Biaya perlengkapan                            Rp   340.000,.
Jumlah                                        Rp   531.667,.
Laba/(rugi) bersih
Pendapatan – biaya-biaya
= Rp 1.800.000,. – Rp  531.667 =              Rp 1.268.333,.
Source :  http://berbisnisrumahan.com
Artikel Terkait :
Proposal Usaha Jasa Komputer
Proposal Usaha Sewa Buku
Proposal Usaha Toko Bahan Bangunan

No comments:

Post a Comment